Blog Indah, Isinya pun Indah!

Ada hal yang sangat unik dalam hati semua orang. Salah satunya tanggapan mengenai selera blog. Sebenarnya bukan hal khusus lagi, problema seperti ini sudah banyak terjadi di kalangan masyarakt luas. Di Indonesia, dan seluruh belahan dunia. Contoh di Indonesia, banyak sekali para blogger Indonesia yang memadukan berbagai macam widget (Aplikasi tambahan untuk blog), dari A sampai Z. Semuanya terpasang. Bahkan aksesoris seperti jam. Di pasang di belahan sisi sidebar (Menu disamping post). Dan jikalau hal tersebut tidak dilakukan, nampaknya bukan hal yang lazim.

Pernyataan tersebut memang patut untuk dikoreksi. Tujuan dari sebuah Blog untuk menginformasikan sesuatu dari A sampai Z. Bukannya memasang aksesoris dari A sampai Z. Sekalipun kita tidak merasa dirugikan, namun sebagai sarana perkembangan dan kemajuan suatu wilayah atau negara. Hal tersebut perlu diperhatikan. Apalagi Indonesia, negara yang sangat kurang para pakar ahli teknologi. Banyak sumber daya yang tidak diraup sendiri. Malah dijual pada orang lain. keuntungannya hanya 1% saja bahkan tidak ada.

Mengapa sebuah blog begitu penting? Padahal itu hanya suatu media? Masih banyak lagi situs-situs lain yang lebih berwawasan dan dapat diandalkan daripada blog pribadi yang penuh dengan ketidak jelasan. Kenapa? Karena awal suatu pengetahuan datang dari pribadi. Jika saja pribadi itu tidak mengungkapkannya maka tidak akan diketahui dan tidak akan mendapat pengetahuan. Meski sebenarnya privasi, tapi alangkah baiknya dibagikan bersama (tergantung seberapa besar privasi itu) atau bila ada suatu informasi kabar berita alangkah baiknya kita tuangkan dalam bentuk artikel yang jelas.

Sama halnya seperti menulis diary (namun untuk diekspos). Blog sanggup untuk memberitakan kepada seluruh dunia bahwa kita punya cerita, berita, dan pengetahuan. Tidak hanya blog yang kita buat ini cuman sebatas media yang penuh dengan desain glamor. Namun isinya juga harus lebih glamor.

Dalam suatu kasus umum terkadang seorang blogger lebih mementingkan desain dan widget ketimbang isinya. Hal tersebut yang menjadikan blog tersebut tak pernah untuk dikunjungi oleh berbagai macam pengungjung. Lalu ada juga yang membuat isi penuh, menarik, akan tetapi karena desainnya juga yang kurang menarik. Pengunjung juga enggan untuk membaca artikel yang dibuat.

Kedua pernyataan tersebut memang saling bertolak belakang. Apabila dikaji, maka harusnyalah kita memadukan keduanya artinya jangan berat sebelah. Desain dan isi harus seimbang. Dan jikalau hal tersebut dilakukan, mungkin seorang pengungjung akan merasa senang dan membaca artikel yang kita buat. Bahkan bisa jadi beberapa komentar akan ditulis oleh pengunjung tersebut.

Hal yang suka mengganggu selain widget yang paling umum adalah iklan. Tujuannya memang sangat sederhana. Ingin mendapat keuntungan dari kunjungan. Tapi bagaimana dengan iklan yang terlalu banyak? Karena seorang blogger berfikir untuk mendapat keuntungan yang sangat banyak. Jelaslah hal tersebut takkan efektif. Dan terlebih pengunjung akan menutup laman blog kita. Karena keterbatasan koneksi atau lamanya suatu laman dibuka.

Jadi, dalam suatu pembuatan blog sah-sah saja bila ingin membuat desain yang indah, dan hal tersebut patut diimbangi dengan isi yang juga indah. Dan bila ingin mendapatkan keuntungan dalam bisnis blogging, sebaiknya cari suatu alternatif yang lebih jitu.

Artikel Lainnya

Leave reply

Harap koment yg baik ya...

Back to Top